Mengenal Air Hujan dan 5 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bikin Awet Muda Hingga Atasi Kanker!

Hujan memang bukan favorit semua orang, bahkan Sebagian orang menganggap hujan dapat menghambat aktivitas sehari-hari, menimbulkan berbagai penyakit, hingga menyebabkan demam, masuk angin, dan sakit kepala. Tidak hanya itu, banyak orang yang mengira bahwa hujan adalah air kotor karena berasal dari uapan air laut dan bisa saja terkontaminasi oleh sampah dan limbah. Namun, ternyata tetesan air yang turun dari langit dalam jumlah yang banyak ini adalah air murni yang bahkan bisa lebih bersih dibandingkan dengan air dalam tanah.

Air hujan membawa senyawa polutan yang menguap dari laut dan terbawa oleh rintikan hujan saat turun ke bumi. Namun senyawa tersebut akan hilang dengan sendirinya apabila kita menunggu 20 menit pertama hujan turun. Tidak hanya itu, selain penghilang stres, hujan juga baik untuk kesehatan paru-paru. Simak fakta menarik air hujan lewat artikel ini, yang akan mengulas tentang:

  • Mengenal Kandungan Air Hujan
  • Manfaat Air Hujan bagi Kesehatan

Mengenal Kandungan Air Hujan

  • Caption: Kandungan air hujan berasal dari reaksi zat yang ada di atmosfer dan butiran air yang melewatinya. (Foto: Pixabay)

    Proses terjadinya hujan dimulai dari penguapan air di laut, kondensasi menjadi awan, dan turun menjadi hujan. Pada dasarnya kandungan air pada hujan berasal dari reaksi zat yang ada di atmosfer dan butiran air yang melewatinya. Beberapa kandungan zat atau bahan kimia yang terdapat pada air di dalam hujan antara lain:

    1. Uap Air atau H2O

    Uap air atau H2O adalah kandungan utama yang terdapat pada hujan dan dapat dikatakan paling dominan dengan presentase sebesar 99,9% dan sisanya tergantung pada lapisan atmosfer yang dilaluinya.

    2. Karbon

    Air pada hujan mengandung zat karbon dan zat karbon yang terdapat pada air di dalam hujan berupa silika dan juga, yang merupakan zat debu yang mengikat molekul-molekul pada air hingga terbentuklah hujan.

    3. Asam Nitrat

    Hujan asam biasa terjadi akibat pencemaran oleh pabrik yang kotor atau dari semburan gunung berapi. Kandungan asam nitrat yang berlebihan tidak baik dan bisa membahayakan. Biasanya kandungan asam dapat dinyatakan dalam pH. Air pada hujan normal memiliki pH 6, sedangkan hujan asam memiliki pH di bawah normal, yaitu di bawah 5,7. Kandungan asam yang berlebihan dapat menyebabkan besi mudah berkarat dan gangguan pernafasan pada manusia.

  • 4. Garam

    Sumber air pada hujan berasal dari uapan air laut, maka tidak heran jika hujan mengandung garam. Air pada hujan yang mengandung banyak kandungan garam adalah hujan yang terjadi di daerah pantai. Hal ini karena proses terjadinya hujan di daerah pantai merupakan akibat dari penguapan air laut yang terpanaskan oleh sinar matahari.

    5. Asam sulfat

    Kandungan lainnya yang terdapat pada air di dalam hujan adalah asam sulfat, yaitu asam mineral (zat anorganik) yang kuat. Zat ini larut dalam air dan berpenampilan seperti cairan higrokopis, berminyak, tak berwarna, dan tak berbau. Asam sulfat merupakan komponen utama hujan asam, yang terjadi karena oksidasi sulfur dioksida di atmosfer dengan keberadaan air (oksidasi asam sulfat).

5 Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bikin Awet Muda Hingga Atasi Kanker!

Air hujan disebut sebagai bentuk air paling murni yang ada di bumi jika dibandingkan dengan pasokan air minum. Di sebagian besar wilayah, pasokan air untuk dikonsumsi maupun untuk kebutuhan sehari-hari berasal dari dua sumber utama. Meminum air hujan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, namun tentu ada perlu yang diperhatikan. 

Sebab, tidak semua air hujan memiliki manfaat yang baik. Hujan yang dapat digunakan untuk kesehatan salah satunya adalah air hujan yang turun di lingkungan yang bersih. Sebaliknya, jika hujan turun di daerah yang lingkungannya tidak bersih, maka akan terdapat massa kotor di dalamnya.  Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan pH air hujan untuk mengetahui kondisi kebersihan lingkungan sekitarmu. Air hujan harus disaring dengan peralatan bersih yang benar, disaring dengan cara yang benar, dan air hujan tersebut jatuh dari langit tanpa melewati perantara. 

Air hujan yang bersih memiliki manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah:

1. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Air hujan disebut dapat membuat kulit terlihat awet muda dan cantik.  Sebab, pH basa dalam air hujan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu elastisitas kulit. Tidak hanya membuat kulitmu sehat, mencuci rambut dengan air hujan dinilai baik untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Saat mencuci rambut dengan air hujan, pH basa membantu pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat.

2. Menghilangkan Stres

Seperti layaknya anak kecil yang kerap bermain hujan-hujanan, air hujan memang dinilai membuat pikiran lebih tenang.  Air hujan dinilai cocok bagi kamu yang penat dengan rutinitas sehari-hari. 

3. Mengobati Masalah Pencernaan

Siapa yang sangka kalau air hujan ternyata bisa membantu menetralkan asam lambung dan menenangkan dinding lambung. Caranya, kamu hanya perlu meminum sekitar dua hingga tiga sendok makan air hujan di pagi hari sebelum mengonsumsi apapun. 

4. Menetralkan pH Darah Tubuh

Air hujan sangat murni dan memiliki pH yang sama dengan air suling dan air reverse osmosis atau RO.  Dengan kandungan pH alkali, air hujan dinilai baik untuk kesehatan karena meningkatkan detoksifikasi serta membuat sistem pencernaan sehat. Sama halnya dengan air alkali, air hujan dapat menetralkan pH darah tubuh dan membantu tubuh kita bekerja lebih efektif.  

5. Menyingkirkan Sel Kanker

Kandungan pH basa di dalam air hujan disebut dapat membantu menyingkirkan sel kanker. Air hujan dinilai sebagai penawar yang baik untuk darah serta sel-sel tubuh. Hal inilah alasan mengapa air hujan disebut sebagai antioksidan. Untuk itu, penderita kanker dianjurkan untuk meminum air hujan murni pada musim hujan pertama dalam jumlah yang banyak. 

Itulah berbagai kandungan serta manfaat air hujan yang dapat berguna bagi kesehatan. 


Sumber : http://akbidsehati-medan.ac.id/berita/detail/mengenal-air-hujan-dan-5-manfaat-air-hujan-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui-bikin-awet-muda-hingga-atasi-kanker