Manfaat Sarapan Pagi

Ada saja alasan untuk melewatkan sarapan di pagi hari, entah karena terlambat datang ke kantor, repot menyiapkan makanan, ataupun tengah menjalani program diet. Padahal, jika kamu tahu, ternyata banyak sekali di antara manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh. Sarapan sendiri adalah waktu makan terpenting, karena akan membantu metabolisme serta membantu untuk membakar kalori sepanjang hari.

Jika kamu sering melewatkan kegiatan in, maka bisa muncul permasalahan pada kesehatan, seperti diantaranya sindrom metabolik, peningkatan kolesterol jahat, serta penurunan kolesterol baik, dan peningkatan trigliserida. Melewatkan sarapan secara tak langsung juga akan membuat jam biologis tubuh menjadi terganggu.

Lalu, sebenarnya, apa saja manfaat dari sarapan? Berikut di bawah ini beberapa manfaat sarapan yang perlu kamu ketahui, agar kamu tidak terbiasa melewatkannya:

1. Memberikan Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Jika terlalu sering melewatkan sarapan, vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh tak akan terpenuhi dengan baik. Jadi, saat seseorang terbiasa sarapan, maka mereka akan cenderung memiliki pola makan sehat secara keseluruhan. Nah, jika hal tersebut rutin dilakukan setiap hari, maka sarapan dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Berkaitan dengan hal ini sebaiknya kamu memang tidak mengkonsumsi kudapan yang berat pada pagi hari.

Sarapan ini sendiri bisa menggunakan beberapa bahan, seperti sereal gandum utuh, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, keju, telur rebus, ayam, dan susu rendah lemak. Jangan lupa untuk mengkombinasikan kudapanmu dengan berbagai karbohidrat kompleks, protein, serat, serta sedikit lemak, agar merasa kenyang dengan lebih lama.

2. Melindungi Tubuh dari Serangan Penyakit

Seseorang yang terbiasa melewatkan sarapan biasanya akan memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi di dalam tubuhnya bila dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi seporsi sereal gandum utuh serta biji-bijian dengan campuran susu. Mengapa begitu?

Hal ini karena serat pada makanan ini kemudian bertugas untuk mengikat kolesterol jahat agar lebih cepat dibuang ke luar tubuh sebelum akhirnya mencapai arteri. Asupan serat yang tinggi ketika sarapan diyakini dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, saparan juga bermanfaat dalam membantu menyeimbangkan kadar gula darah serta mencegah resistensi insulin. Itu artinya, rutin sarapan akan menjauhkanmu dari berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes.

3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Otak

Meningkatkan konsentrasi otak sebagai salah satu manfaat sarapan yang dapat dirasakan. Sarapan pagi adalah asupan pertama setelah tubuh berpuasa semalaman. Jadi, ketika sarapan, maka otak kemudian akan kembali mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, dalam bentuk glukosa serta glikogen.

Kemudian, otak juga akan mendapatkan sinyal jika tubuh telah siap melakukan berbagai aktivitas di hari ini. Jika kebutuhan glukosa tidak terpenuhi, maka kamu kemudian akan merasa sulit berkonsentrasi, serta merasa lebih cepat lelah.

4. Menjaga dan Menurunkan Bobot Tubuh

Jangan melewatkan sarapan hanya karena takut berat badanmu bertambah. Hal ini karena alih-alih menambah berat badan, sarapan justru akan membantu menjaga berat badanmu agar tetap ideal. Jadi, jika kamu telah sarapan di pagi hari, saat menjelang siang, kamu tak akan kalap untuk makan. Oleh sebab itu, sarapan diyakini sangat pas unuk membantu program diet seseorang.


Sumber : http://akbidsehati-medan.ac.id/berita/detail/manfaat-sarapan-pagi