#StopNarkoba #CegahNarkoba

#StopNarkoba #CegahNarkoba

Sebagian besar penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh anak muda lebih disebabkan oleh pengaruh dari pergaulan yang sudah pastinya rentan dengan hal-hal negatif. Maka dari itu, perhatian pada orang-orang terdekat dapat dijadikan deteksi dini adanya penyalahgunaan narkoba ini. Kebanyak orang berasumsi bahwa mencoba hal-hal baru merupakan sesuatu yang boleh-boleh saja selagi masih muda. Namun sayangnya, kerasa-ingin-tahuan para remaja untuk mencoba hal-hal baru sering melewati batas dan menjadi terjerumus ke arah negatif, misalnya mengkonsumsi narkoba atau zat psikotropika lainnya.

Bukan hal baru, penggunaan narkoba di kalangan remaja memang menjadi sesuatu yang sepertinya memiliki ikatan tersendiri. Hal itu terjadi bukan tanpa alasan. Berikut beberapa penyebab tersering mengapa remaja sangat rentan terhadap penyalahgunaan narkoba :

  1. Tekanan sosial
  2. Pelarian dari masalah
  3. Bentuk pemberontakan
  4. Kurang percaya diri
  5. Kesenangan sesaat

Agar intensitas euforia itu bisa menetap, lama-kelamaan dibutuhkan dosis narkoba yang semakin tinggi. Akibatnya, mereka akan semakin sulit untuk bisa keluar dari “lingkaran setan” yang diciptakan narkoba.

Lantas bagaimana cara yang dapat menyelesaikan pergaulan bebas di kalangan remaja agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba ?

Berikut adalah solusinya :

  • Memperbaiki cara pandang, cobalah untuk bersikap optimis dan hidup dalam “kenyataan”.
  • Menjaga keseimbangan pola hidup, perlunya remaja belajar disiplin dengan mengatur waktu dan mengendalikan emosinya.
  • Berpikir untuk masa depan, cita-cita sangat memotivasi setiap anak dalam menentukan arah hidupnya.
  • Menegakkan aturan hukum dan memperdalam ajaran agama, kedua hal ini sangat mendasar dan perlu diperhatikan dalam kehidupan.

Pergaulan yang baik sebenarnya tidak mudah dan juga tidak sulit, yang terpenting adalah  tergantung dari perilaku diri kita sendiri. Perbanyaklah berkomunikasi dengan orang-orang yang kita percayai atau keluarga. Sementara jika penyalahgunaan narkoba ini sebagai alibi pelarian dari depresi atau stress, maka menemukan sahabat yang tepat atau anggota keluarga yang dekat untuk bercerita dan berbagi akan lebih baik. Mengingat pelarian ke narkoba tidak akan menyelesaikan masalah yang dihadapi melainkan menambah masalah baru yang semakin parah.

Sebenarnya, masih banyak alasan mengapa seorang remaja bisa terjerumus pada kecanduan narkoba. Oleh karena itu, setiap orang tua sebaiknya lebih waspada dan melakukan pengawasan penuh agar anaknya tak terjerumus pada hal-hal yang negatif. Ingatlah bahwa kecanduan narkoba tak hanya membawa dampak buruk bagi penggunanya, tetapi juga bisa menyebarkan efek negatif untuk lingkungan dan orang-orang di sekitarnya.


Sumber : http://akbidsehati-medan.ac.id/berita/detail/stopnarkoba-cegahnarkoba