Cara Menghemat Energi Listrik

Cara Menghemat Listrik yang Mudah Dilakukan di Rumah

Menghemat listrik merupakan langkah yang sepatutnya dilakukan oleh semua orang. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan penghematan listrik. Salah satunya adalah melestarikan bumi dengan meminimalkan residu penggunaan listrik.

Di samping itu, tagihan listrik bulanan pun bisa lebih ditekan dengan berhemat. Dengan begitu, pengeluaran yang dihemat pun bisa dipakai untuk mencukupi kebutuhan lainnya.

Alasan Perlu Menghemat Listrik

Listrik sudah menjadi kebutuhan paling penting dalam kehidupan manusia karena sudah banyak aktivitas yang menggunakan tenaga listrik. Namun, masih ada yang tidak sadar telah boros dalam menggunakan listrik. Berikut alasan terpenting mengapa sekarang semua orang harus menghemat listrik.

1. Hemat Biaya

Listrik tentu saja tidak gratis. Setiap bulannya, pengguna harus membayar tagihan listrik sesuai dengan pemakaiannya. Makin besar penggunaan listrik, makin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan.  Dengan berhemat, ada uang yang bisa ditabung atau dialokasikan untuk pengeluaran yang lebih bermanfaat. Misalnya untuk dana pendidikan, investasi masa depan, keperluan sosial seperti sedekah, dan lain-lain. Itulah mengapa cara menghemat listrik jadi hal penting yang harus diketahui setiap orang.

2. Sumber Daya Terbatas

Hingga kini listrik masih banyak yang bersumber dari batubara. Perlu diingat, batubara adalah sumber daya yang tidak dapat diperbaharui alias bisa habis. Butuh waktu jutaan tahun untuk bisa menghasilkan sumber daya ini. Maka dari itu, menghemat energi listrik jadi salah satu cara menghemat persediaan sumber daya juga.

3. Kelestarian Alam

Batubara merupakan bahan bakar yang menyisakan limbah berupa emisi karbon yang tentu saja mencemari lingkungan. Semakin tinggi konsumsi batubara, maka semakin tinggi pula emisi CO2 yang dapat merusak atmosfer bumi.

Penggunaan listrik berlebihan dapat berakibat pada pemanasan global yang sewaktu-waktu bisa mengancam kehidupan manusia. Itulah alasan menghemat listrik tidak hanya bicara soal menghemat pengeluaran, tapi juga menjaga kelestarian alam.

4. Tarif Listrik Terus Naik

Ketika generator dipaksa menghasilkan listrik lebih dari kapasitasnya karena penggunaan yang boros, kinerja pembangkit akan lebih cepat mengalami kerusakan. Apabila pemborosan terus dilakukan, pemeliharaan pembangkit akan semakin mahal sehingga berdampak pada kenaikan tarif listrik. Kerusakan pembangkit juga bisa berdampak pada seringnya pemadaman listrik. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan kerugian besar, baik untuk negara maupun masyarakat itu sendiri.

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Cara menghemat listrik itu sebenarnya mudah. Mulailah dengan memperhatikan hal-hal kecil di rumah yang sebenarnya boros, tapi tidak sadar sering dilakukan. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik:

1. Menyalakan Lampu Seperlunya

Banyak yang berpikir lampu harus selalu menyala di malam hari, padahal tidak harus demikian. Nyalakan lampu seperlunya saja. Misalnya hanya menyalakan lampu di ruangan yang sedang digunakan. Jika keluar dari ruangan tersebut, matikan dulu lampunya. Selain itu, gunakan lampu yang remang dengan daya listrik kecil untuk lampu tidur.

2. Matikan Seluruh Peralatan Listrik yang Tidak Terpakai

Metode ini sudah terbukti efektif untuk menghemat dan mengurangi tagihan listrik. Matikan semua perangkat listrik yang tidak dipakai di rumah secara disiplin. Cabut kabel-kabel yang masih mencolok ke stop kontak, padahal sedang tidak digunakan. Misalnya seperti charger laptop, ponsel, dan semacamnya.

3. Menyalakan AC Secukupnya

Alih-alih selalu menggunakan AC di siang hari, andalkan ventilasi atau jendela secara maksimal. Menggunakan ventilasi juga bisa membuat udara dalam ruangan berganti sehingga tidak menjadi lembab. Jika memang masih panas, cobalah menggunakan kipas angin dengan konsumsi listrik yang lebih sedikit.

4. Meminimalkan Penggunaan Dispenser

Pemanas air dan pendingin dispenser memang lebih praktis. Namun, penggunaannya membutuhkan lebih banyak energi listrik. Pertimbangkan lagi penggunaan dispenser apalagi kalau hanya untuk secangkir kopi. Memasak air terbilang lebih hemat jika hanya untuk membuat secangkir kopi. Jika butuh air dingin, simpan air dalam kulkas sehingga tidak butuh alat elektronik tambahan.

5. Membatasi Penggunaan Elektronik Berdaya Tinggi

Sebenarnya mengganti perangkat listrik dari yang berdaya tinggi jadi yang berdaya rendah sangat dianjurkan. Sekarang pun ada banyak perangkat berteknologi canggih yang lebih hemat seperti TV dan lampu LED, kulkas, mesin cuci, AC safe energy, dan lain-lain. Jika memang belum ada biaya untuk menggantinya, biasakan untuk membatasi penggunaan perangkat elektronik tersebut. Bila perlu batasi dengan waktu atau ukuran. Misalnya mengatur timer pada AC, menggunakan mesin cuci dua kali seminggu, mengatur suhu kulkas di level low, dan lain-lain.


Sumber : http://akbidsehati-medan.ac.id/berita/detail/cara-menghemat-energi-listrik