10 Cara Menghemat Baterai HP dengan Mudah

Baterai pada HP merupakan hal penting terhadap keberlangsungan aktivitas kamu sehari-hari. Menghemat baterai pada HP adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi para pengguna. Ketika kamu sedang dalam perjalanan, di sebuah tempat di luar rumah atau tidak memiliki akses ke sumber daya listrik, maka baterai HP menjadi sumber daya yang sangat vital. Namun, baterai yang terus-menerus terpakai bisa mengalami penurunan kapasitas seiring dengan waktu, sehingga menjadi sulit untuk menjaga agar tahan lama. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menghemat baterai ponsel kamu:

1. Mematikan Fitur yang Tidak diperlukan

Fitur seperti Bluetooth, NFC, dan lokasi dapat memakan banyak daya baterai. Matikan fitur-fitur tersebut jika kamu tidak sedang menggunakannya agar baterai tidak cepat habis.

2. Gunakan Mode Penghemat Baterai

Mode penghemat baterai akan mematikan fitur-fitur yang tidak perlu sehingga baterai tidak cepat habis. Gunakan mode penghemat baterai jika kamu tidak memiliki akses ke stopkontak atau power bank. 

3. Gunakan Pengaturan Layar yang Hemat Baterai

Kamu juga bisa menggunakan pengaturan layar hemat baterai dengan mengaktifkan power saving mode yang tersedia di pengaturan HP. Selain itu kamu juga bisa mengatur layar yang terlalu terang akan memakan banyak daya baterai. Gunakan pengaturan layar yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar baterai tidak cepat habis. Pastikan juga untuk mematikan layar saat tidak digunakan. Karena layar merupakan komponen yang banyak memakan daya baterai. 

4. Hindari Menggunakan Aplikasi yang Memakan Banyak Daya Baterai

Hindari menggunakan aplikasi yang tidak perlu. Setiap aplikasi yang terbuka akan memakan baterai, jadi pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang kamu gunakan. Kamu juga bisa menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang tidak penting agar baterai tidak cepat habis.

5. Gunakan Pengisi Daya yang Sesuai

Pastikan untuk mengisi baterai HP kamu sebelum terisi habis. Baterai HP terbaik tahan lama jika diisi ulang sebelum terisi habis. 

6. Hindari Suhu Panas

Kamu juga bisa menghindari menyimpan HP di tempat yang panas. Suhu tinggi dapat merusak baterai dan menurunkan masa pakainya. Jangan menyimpan HP di atas dashboard mobil atau di dekat peralatan listrik.

7. Isi Baterai Sebelum Habis

Jangan lupa untuk selalu pastikan mengisi baterai HP Anda sebelum terisi habis. Baterai HP terbaik tahan lama jika diisi ulang sebelum terisi habis.

8. Clear Cache

Google juga bisa memakan daya baterai HP kamu. Oleh karena itu, kamu bisa rajin untuk clear cache untuk mengurangi tingkat pemakaian google play dengan masuk ke menu pengaturan lalu aplikasi, pilih google play dan clear cache. 

9. Menggunakan Dark Mode

Sebuah tips untuk menggunakan dark mode pada HP kamu, sehingga dapat mengurangi brightness (kecerahan) saat menggunakan HP.  

10. Mengaktifkan Mode Silent atau Mengecilkan Volume pada HP

Kamu bisa mengaktifkan mode diam pada saat-saat yang tertentu. Suara nada dering hingga keyboard juga dapat memakan daya baterai HP. 


Sumber : http://akbidsehati-medan.ac.id/berita/detail/10-cara-menghemat-baterai-hp-dengan-mudah