7 Minuman yang Menyehatkan saat Diminum saat Perut Kosong

Ada 7 minuman yang baik dikonsumsi saat perut kosong kala pagi hari, mulai dari air kelapa hingga jus tomat yang baik bagi kesehatan.

Sebelum beraktivitas, agar tubuh terhidrasi, baiknya Anda meneguk minuman yang lebih sehat selain kopi atau teh.

Berikut ini beberapa minuman sehat yang baik dikonsumsi saat perut kosong saat pagi, sebagaimana dilansir Boldsky

1. Infused water

Kalau bosan meminum air putih, cobalah untuk menambahkan sesuatu seperti mentimun, lemon, jeruk, atau mint untuk memberikan rasa pada air.

vitamin C pada lemon dan jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Cuka sari apel juga dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

Sementara itu, mentimun bisa membuat tubuh Anda terhidrasi, mengeluarkan toksin dan bumbu seperti basil.

2. Air kelapa

Minum air kelapa saat perut kosong kala pagi bermanfaat bagi kesehatan. Air kelapa mengandung asam laurat yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme, dan membantu menurunkan berat badan.

Air kelapa pun mengandung dua natrium dan kalium elektrolit penting yang bisa membuat Anda terhidrasi.

3. Jus sayur

Minum jus alami memberikan tubuh Anda antioksidan dan nutrisi. Tubuh menyerap nutrisi lebih baik ketika sayuran dikonsumsi dalam bentuk jus.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale terbukti meningkatkan energi tubuh.

Pilihlah sayuran dengan zat besi tinggi karena mampu menyuplai oksigen ke sel tubuh dan melawan kelelahan saat pagi.

4. Jus goji berry

Goji berry adalah salah satu makanan padat nutrisi yang mengandung beberapa vitamin, mineral, antioksidan, dan delapan asam amino esensial. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi jus goji berry saat pagi bisa meningkatkan energi, mengurangi lelah, dan meningkatkan fokus.

5. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya mengandung sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan gastrointestinal dan bermanfaat bagi mereka yang menderita sindrom iritasi usus.

Kandungan tersebut membantu melawan dan menyembuhkan pencernaan yang buruk, sembelit, keasaman, gas, serta mengeluarkan racun dari tubuh.

6. Teh jahe

Meminum teh jahe saat pagi dapat mengurangi diare dan membuat perut nyaman. Jahe mengandung gingerol, suatu zat dengan sifat obat yang kuat. Jahe pun mampu mengurangi nyeri otot.

Disarankan agar meminum teh jahe setelah olahraga pagi.

7. Jus tomat

Tomat mengandung sekira 95 persen air yang membuat tubuh Anda terhidrasi. Kandungan dalam tomat juga mampu merangsang sistem pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan melawan infeksi karena kaya akan vitamin A dan C. Jus tomat juga bertindak sebagai minuman detoksifikasi.


Sumber : http://akbidsehati-medan.ac.id/berita/detail/7-minuman-yang-menyehatkan-saat-diminum-saat-perut-kosong